Newsletter 1
 
Image

Memelihara Aki Kendaraan Anda

Tahukah Anda, bahwa penyebab paling sering dari mogoknya kendaraan, adalah kerusakan aki kendaraan?

Terdapat banyak alasan mengapa aki kendaraan menjadi rusak dan suhu ekstrem merupakan poin paling atas dalam daftar. Udara panas tropis adalah pembunuh aki nomor satu di wilayah kita.

Suatu pengeringan parasitik juga dapat mengeringkan aki baru. Meskipun aki sudah pasti akan terisi kembali, terutama jika Anda memiliki charger aki. Pengeringan ini jika tidak teridentifikasi dalam sistem listrik kendaraan akan menyebabkan aki kembali mati secara berulang.

Untuk mencegah peluang terjadinya pengeringan seperti ini selama penyimpanan jangka panjang, mungkin cukup dengan memutus hubungan listrik ke aki sebagai hal yang umum dilakukan. Benar bahwa hal ini akan mencegah pengeringan yang mungkin terjadi pada sistem listrik kendaraan, namun self-discharge secara normal juga akhirnya akan mengeringkan aki baru hingga ke titik yang kritis, atau bahkan ke titik yang tidak bisa dipulihkan kembali.

Menjaga agar Cuaca Tidak Mematikan Aki Anda

Tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk melindungi aki dari cuaca tropis yang panas. Namun cara terbaik untuk mencegah agar suhu tinggi tidak mematikan aki Anda, adalah dengan memastikan bahwa kondisi aki selalu dalam keadaan yang baik.

Ini artinya adalah bahwa aki yang dipelihara dan diisi dengan baik, akan mampu menangani berbagai kisaran suhu tinggi yang dapat menyebabkan kegagalan aki. Sebagai contoh, elektrolit dalam aki lebih mungkin untuk menguap pada lingkungan cuaca tropis yang panas. 

Menjaga agar Pengeringan Parasitik tidak Mematikan Aki Anda

Mengidentifikasi pengeringan parasitik sebelum mematikan aki mungkin sulit, karena biasanya Anda tidak akan melihat apa pun yang tidak normal. Walaupun sangat mudah untuk membiarkan lampu depan anda menyala tanpa memperhatikannya, tipe situasi seperti ini memberikan indikator ke arah luar bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Dalam kebanyakan kasus pengeringan parasitik, komponen yang diam-diam menarik arus listrik ketika mobil Anda mati, tidak melakukan apa pun yang menarik perhatian pemilik mobil, hingga saat Anda menyalakan mobil dan starter mobil tidak berhasil dinyalakan.

Kuncinya adalah dengan mengidentifikasi sumber pengeringan dan memperbaikinya, dan mencegah pengeringan aki berkali-kali. Dikarenakan kerusakan permanen terjadi setiap kali voltase dari lead acid aki menurun hingga batas tertentu. Alangkah baiknya masalah seperti ini ditangani sesegera mungkin terutama di aftermarket ketika kendaraan sudah berumur lebih tua dan rentan terhadap keausan dalam hal sistem perkabelan listriknya.

Jika Anda mencurigai adanya pengeringan parasitik, periksakan kendaraan Anda ke bengkel.

07/02/2018
 
 
 
Contact

For enquiries, please email to singauzda@mkispore@hella.com

 
05/25/2018